SMK NASIONAL PURWOKERTO

JL. KH Wahid Hasyim No. 93 Purwokerto Telp. 0281-631952

Program Keahlian : Nautika Kapal Niaga Dan Teknika Kapal Niaga

VISITASI BPSDM di SMK-SPM NASIONAL PURWOKERTO

Jum'at, 01 Juli 2016 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 19 Kali

Pada tanggal 13 April 2016 SMK-SPM NASIONAL PURWOKERTO mendatangkan perwakilan dari jakarta untuk visitasi BPSDM di SMK-SPM NASIONAL PURWOKERTO yaitu tiga perwakilan dari Jakarta yaitu Kapten Asnam M.Man,Yusuf ATT II dan R Widyanto. Visitasi kemarin memiliki tujuan tertentu kedepanya untuk mempermudah cita-cita taruna sebagai persyaratan pengajuan prosos Approval ke Dinas perhubungan laut.Dari rapat yang di bahas kemarin mendapat hasil yang perlu untuk mengajukan sekolah SMK-SPM NASIONAL PURWOKERTO di Approval salah satunya masih ada kekurangan-kekurangan yang perlu dilengkapi. Dari hasil visitasi kemarin dampak perkembangan yang di dapat nantinya saat sekolah SMK-SPM NASIONAL PURWOKERTO mendapat pengakuan Approval maka SMK-SPM ini akan diakui dunia juga SMK-NASIONAL berhak untuk mendapatkan pengakuan IMO yaitu (International Maritime Organization).Rapat visitasi BPSDM masih berkelanjutan, yang akan dilanjutkan setelah SMK-SPM mengajukan CLOSSING dari hasil pertemu kemarin.Karena di SMK-SPM masih terdapat kekurangan, kekurangan tersebut bersifat kurangnya perawatan ruangan saja, sedangkan untuk alat yang ada sudah dinyatakan siap oleh BPSDM untuk Approval hanya saja, perawatan dari ruangan-ruangan perlu di perhatikan lagi.

KAPANKAH VISITASI MENENTUKAN HASIL APPROVAL SEKOLAH ?

                Visitasi pengajuan kemarin tetap akan menentukan hasil dan tidak hanya sekedar rapat biasa,hasil dari visitasi ini maka menentukan approval sekolah SMK-SPM NASIONAL PURWOKERTO dimungkinkan satu bulan setelah pelaksanaan visitasi.karena visitasi kemarin belum dapat menentukan hasil dari approval dikarenakan masih terdapat kekurangan-kekurangan.

APA APA SAJA YANG DIRAPATKAN SAAT VISITASI ?

                Saat rapat visitasi BPSDM dari jakarta kemarin membahas tentang persyaratan - persyaratan untuk pengajuan Approval salah satunya jumlah taruna perkelas harus berjumlah tiga puluh dan tidak boleh kurang dari tiga puluh taruna setiap kelas, dalam kelas harus memenuhi persyaratan yaitu gedung yang memadahi untuk pembelajaran, untuk guru di SMK pelayaran harus memiliki guru Produktif yang mengajar jurusan pelayaran yaitu , TEKNIKA &NAUTIKA denganm Sartifikat yang telah di Updating dan jumlahnya memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh standar IMO untuk Approval. Perwakilan visitasi BPSDM di SMK-SPM kemarin melihat dan mengamati alat-alat yang dimiliki oleh SMK-SPM NASIONAL PURWOKERTO untuk Approval salah satunya melihat ruang praktek TEKNIKA & NAUTIKA. Di ruang teknika perwakilan BPSDM mencermati ruangan perbengkelan , mesin bubut, mesin diesel, rangkaian ruang kelistrikan, ruangan diesel generator dan ruangan pendingin Boiler,dan diruangan NAUTIKA teradapat laboratorium navigasi, CBT nautika , radar Arpa , raboratorium Bahari dan kajur nautika. Dari rapat kemarin perwakilan visitasi BPSDM menilai alat  praktek memumpuni untuk approval hanya saja ada kekurangan sedikit yang harus di perhatikan lagi oleh sekolah dan harus ditindak lanjuti dari kebersihan ruangan ruangan dengan perwatan yang lebih memumpuni.

APAKAH MANFAAT APROVAL BAGI TARUNA ?

                Manfaat dari approval sangat bermanfaat bagi taruna nantinya saat sekolah ini di approval, bukan hanya sekolah di akui oleh dunia melainkan approval dapat mempermudah cita-cita yang di idam -idamkanoleh taruna untuk menjadi pelaut nantinya yaitu dalam ujian negara taruna mendapat kemudahan kelulusan tujuh puluh persen dari seratus persen taruna yang ikut ujian negara. seratus persen yang ikut ujian negara dari sekolah, tujuh puluh persenya lulus dalam ujian negara. Jadi , banyak taruna maupun taruni yang mengikuti ujian negara banyak yang lulus. Dengan mudahnya kelulusan ujian negara maka taruna taruni SMKP-SPM NASIONAL PURWOKERTO mudah dalam meraih cita-citanya dalam ujian PRAPRALA sekali tempuh yang selanjutnya terjun praktek laut setelah ujian negara di kapal selama satu tahun untuk mendapatkan pengalaman di atas kapal yang nantinya akan digunakan untuk ujian paska PRALA untuk mendapatkan ijazah provesi laut ATT IV maupun ANT IV.selain memudahkan cita-cita taruna dan taruni sistem pengajaran saat SMK-SPM NASIONAL PURWOKERTO telah Approval sistem pelajaranya mengacu pada IMO model mourse 7.03 & IMO model mourse 7.09 STCW 1978 Amandemen 2010.

                Approval adalah sebuah syarat yang harus ditempuh oleh sekolah pelayaran untuk memudahkan dan mensukseskan jalanya karier yang ingin di capai oleh anak didik di sekolah pelayaran khususnya yang ingin melanjutkan dalam dunia kerja pelayaran untuk menjadi pelaut. Karena persyaratan ini di harapkan untuk ujian negara UPK (UJIAN PROFESI KEPELAUTAN) ditempuh dengan mudah. Syarat dari approval untuk sekolah yang telah di akui memiliki jangka waktu tertentu dan tidak selalu berlaku selamanya. Approval ini memiliki jangkah waktu satu tahun,dan setiap tahunya harus di perpanjang dengan telah memenuhi persyaratan yang telah di tentukan oleh dinas perhubungan laut.

Berita Pengumuman Sekilas-info

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Dr. H Warman, SH.SE.MM

Assalamualaikum wr.wbSeraya memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan yang Maha Esa, disertai perasaan bangga saya menuliskan kata sambutan Kepala sekolah,…

Selengkapnya

TAUTAN